Penganugerahan Vidya Careya 2 Patamorgana Diara Bagi Insan Pendidikan di Kab. Sumedang

Penganugerahan Vidya Careya 2 Patamorgana Diara Bagi Insan Pendidikan di Kab. Sumedang

Sumedang (06/03/2024), – Pada hari ini di Gedung Tadjimalela Jl Pangeran Sugih No. 42 Kab. Sumedang tengah berlangsung acara Vidya Caryena 2 Patamorgana Diara yakni penganugerahan Bupati Sumedang kepada insan pendidikan berprestasi dan berkontribusi dalam upaya membangun pendidikan di Kab Sumedang dengan kategori penganugerahan kepada tokoh masyarakat; Pendidik, Lembaga Pendidikan dan Peserta Didik. Kegiatan ini dilakukan untuk kali kedua per dua tahun. Keguatan ini diharapkan dapat memicu dan memacu para insan pendidikan di Kab. Sumedang untuk selalu berprestasi dalam mencapai tujuan pendidikan.

Acara ini berlangsung dari pukul 08.30 dan berakhir pukul 11.00 WIB, sambutan diawali oleh Kepala Dinas Pendidikan Dr. Dian Sukmara, M.Pd., dalam sambutannya Dian Sukmara menyampaikan rasa bangga pada tim Disdik Sumedang dan para Pengawas, Kepala Sekolah, Guru dan Siswa yang sudah mengharumkan nama Sumedang di kancah nasional maupun internasional. Pendidikan Sumedang dibangun diatas nilai-nilai nilai-nilai spiritual, kecerdasan, budaya dan teknologi. Sosok generasi penerus Sumedang senantiasa tidak melupakan Tuhannya, hidup pada jalur nilai-nilai agama, cerdas mengatasi berbagai masalah, tetap rendah hati dan menjunjung tinggi nilai budaya khususnya budaya kasumedangan, serta tidak kalah bersaing dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Bersama dengan Pj Bupati Kab. Sumedang Drs. Herman Suyatman, M.Si, hadir pula mantan Bupati dan sekretaris Bupati periode 2019-2023, pada kesempatan itu Pj Bupati Kab. Sumedang menyampaikan bahwa Sumedang berkomitmen memajukan pendidikan Sumedang yang berlandaskan pada Atikan Kasumedangan, Insun Medal Insun Madangan artinya seberkas cahaya dari Sumedang menyinari dunia. Atikan atau didikan pada generasi penerus Sumedang menjadi cahaya bagi dunia. Pj Bupati Herman pun mengharapkan bahwa presiden mendatang lahir dari Sumedang, selain itu beliau menambahkan “Menjadi presiden bukan dilahirkan tetapi dicetak” maksudnya dicetak, dibentuk dengan system pendidikan yang berdasarkan pada nilai-nilai luhur agama, etika, budaya, dan IPTEK. “Kelak akan lahir presiden-presiden perusahaan, presiden organisasi, presiden bukan hanya presiden kenegaraan…”

Pada kesempatan itu dilakukan penyerahan buah karya 3 Buku mengenai filosofi pendidikan dan budaya Sumedang kepada Pj Bupati Sumedang yang ditulis oleh Kepala Dinas Pendidikan, Bapak Dr. Dian Sukmara, M.Pd. yang berjudul Tarawangsa; Kisah Luhur Leluhur Sumedang; dan Tak Nampak Tapi Berjejak.

Puncak acara yakni penganugerahan Vidya Careya 2 Patamorgana Diara untuk kategori tokoh diberikan kepada Moch. Budi Akbar S.Sos dari Disparbudpora dalam Penguatan Karakter  melalui Pelestarian Budaya dalam Penemuan Fosil Purba; Prof. Sumar Hendayana, M.Sc., Ph.D dari UPI Bandung sebagai Tokoh Pendidikan dalam Pengembangan Lesson Study di Kabupaten Sumedang; Prof. Dr. Dinn Wahyudin, MA dari UPI Bandung sebagai Tokoh Pendidikan dalam Pengembangan Keprofesioan Guru di Kabupaten Sumedang; Ipan Hidayatulloh, S.Pd. M.Pd dari SMPN 2 Wado sebagai Guru Inspiratif.

Selanjutnya untuk kategori Lembaga Pendidikan yakni LKP Komputer dan Manajemen Actual (LPKMA) sebagai Juara 1  Vidoe Best Practices Program PKW Tahun 2023; TK Negeri Pembina Sumedang sebagai Juara Umum Lomba JansPark Competition. Sedangkan kategori Pendidik

Ijudin, M.Pd. dari SD Negeri Maruyung 1 sebagai Juara 1 Kategori Karya Paling Menginspirasi pada Semarak Karya HGN; Tarsah Ratmayati, S.Pd. dari SD Negeri Paripurna Juara 3 Kategori Transisi PAUD ke SD pada Semarak Karya HGN; Lungguh Puri Pramswari, S.Pd. dari SD Negeri Cilengkrang Peraih Medali Emas Bidang Matematika pada Olimpiade Sains Nasional GEMANESIA; Sulistyawati, S.Pd., M.M dari SD Negeri Sirnagalih Guru Motivator Literasi; Diki Koerniadi, S.Pd dari SMP Negeri 1 Cimalaka Juara 1 pada ASN Talenta Akademik Tingkat Nasional; Dra. Enung Titin Agustikawati, M.M dari SMP Negeri 1 Cimalaka terbaik 1 pada kategori Kepala Sekolah Inovatif.

Kategori Peserta Didik berprestasi, ada 18 orang anak yakni Zalfa Zahira Rubiyan Sakhi dari SD Ar Rafi BHS Sumedang dan Nazwa Hurin Nurazzalea Emawan dari SD Negeri Sindangraja sebagai Pemenang  Metropolis Through Children’s Eyes International Youth Drawing Contest tahun 2023. Selain kedua siswa tersebut, tiga siswa lainnya Juara OSN Tingkat Provinsi Jawa Barat, yakni Jihan Alya Ghisani dari SMP Negeri 7 Sumedang sebagai Juara 3 Bulutangkis Tunggal Putri; dan Muhammad Fakhri Al Aziz Siddiq  Juara 3 Renang 100 Meter Gaya Bebas (Putra); Zahira Tavira Hanifah Juara 2 Renang 50 Meter Gaya Punggung (Putri) keduanya dari SMP Al Masoem.

Sedangkan 12 siswa lainnya menjuarai Lomba pada Festival Tunas Bahasa Ibu yang diselenggarakan Pemda Sumedang, yakni Annisa Ramadhani dari SD Negeri Sirahcai Jatinangor sebagai Juara 2 Maca Sajak Putri;  Syahrul Khairudin dari SD Negeri Paniis Kec. Tanjungkerta Juara Harapan 3 Nembang Pupuh Putera; Muhammad Jalaaludiin Shuyuuthi dari SD Negeri Pakuwangi sebagai Juara 3 Borangan Putra; Rajiyah Hasna Kusnadi dari SD Negeri Pataruman Juara harapan 2 Aksara Sunda Putri; Al-Mas Putra Budiana dari SD Negeri Sukaluyu sebagai Juara 4 Maca Jeung Nulis Aksara Sunda Putra; Nauval Dary Abbiyyu dari SD Negeri Sukamulya sebagai Juara 2 Ngarang Carpon Putra; M. Ayyash Anfasa Juliastio dari SD Negeri Cikeruh II Jatinangor sebagai Juara Harapan 1 Biantara Putra ; Nur Aidah Aprilia dari SD Negeri Sukamaju sebagai Juara 3 Pupuh Putri; Kafin Andini Surya Putri dari SD Negeri Bunter Kec. Wado sebagai sebagai Juara 3 Biantara Putri; Ramdhi Qurata A’yun dari SMP Plus Al Aqsa sebagai Juara 1 Ngarang Carpon Putra; Rizky Adlan Waafy dari SMP Negeri 1 Sumedang sebagai Juara 3 Biantara Putra; Zakia Hendra Shantica dari SMP Negeri 2 Jatinunggal sebagai Juara Harapan 1 Ngarang Carpon Putri; Java Qurnia Sandhi dari SMP Negeri 1 Ganeas sebagai Huara Harapan 2  Dongeng Putra.

Acara diakhiri dengan pentas seni pamungkas dari PGRI Jatinangor berupa rampak sekar dan atraksi pencak silat dan sessi foto.

Oleh : Rina Mutaqinah

Update Peraihan Juara PORSENI Ditjen PDM 2024 Cabang Olahraga Badminton dan Mini Soccer

Update Peraihan Juara PORSENI Ditjen PDM 2024 Cabang Olahraga Badminton dan Mini Soccer

Cimahi, (03/06/24) WK,- Pada Cabang Olahraga Badminton Ganda Putra PORSENI Ditjen PDM 2024, kontingen dari Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Sesditjen PDM) yaitu Eko Lesmono dan Suherman meraih juara pertama. Selanjutnya juara dua dari Direktorat SD, Achmaddin dan Heriyanto, juara ketiga diraih oelh Akhyar dan Jasri dari Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Riau, kemudian juara empat diraih oleh Sumarno dan Tri Widiatmoko, kontingen dari BPMP Provinsi DKI Jakarta.

Sementara itu pada peraihan juara di Ganda Putri yaitu juara pertama diraih oleh kontingen Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Timur, Eny Sumarsih dan Luluk Khudaifah, juara kedua diraih BPMP Provinsi Sumatera Selatan, Kokom Komalasari dan Yayuk Rahmawati, Juara ketiga diraih BPMP Provinsi Kalimantan Selatan, Ciriyani dan Een Marliani. Selanjutnya juara keempat dari BPMP Provinsi Kalimantan Tengah, Alviano Vasco Wijun dan Laili Nurcahyani.

Adapun pada cabang olahraga mini soccer, juara pertama diraih oleh BPMP Provinsi Papua, juara kedua Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), juara ketiga diraih oleh kontingen BPMP Sulawesi Tenggara dan juara keempat diraih oleh kontingen dari BPMP Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Ditjen PDM menyelenggarakan PORSENI dengan panitia pelaksana Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Barat, sementara Ketua Panitia adalah Bambang Hadi Waluyo, Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Jambi.

Adapun Tema Porseni Ditjen PDM 2024 ini adalah : BAGIKAN KEBERSAMAAN DAN TUMBUHKAN PERSATUAN UNTUK LANJUTKAN MERDEKA BELAJAR.

PORSENI Ditjen PDM sebagai bagian dari pembentukan karakter sebagaimana Ki Hajar Dewantara yang menyatakan agar seorang manusia harus selalu meningkatkan kualitas melalui olah hati (etika), olah pikir (literasi), olah karsa (Estetika) dan Olahraga (Kinestetik) dengan TUJUAN KEGIATAN:

a. sebagai ajang silaturahmi pegawai di lingkungan Ditjen PDM (Pusat dan Daerah)

b. menumbuhkan persatuan antar pegawai

c. menyalurkan minat, bakat dan cinta olahraga dan seni kepada pegawai

Kegiatan PORSENI ini diikuti oleh 40 kontingen, yang terdiri atas 1 kontingen Setditjen, 5 kontingen Direktorat, 5 BBPMP dan 28 BPMP pada 8 cabang olahraga dan seni yang akan dipertandingkan. (Tim Media)

Update Peraihan Juara PORSENI Ditjen PDM 2024 Cabang Catur dan Tenis Lapangan

Update Peraihan Juara PORSENI Ditjen PDM 2024 Cabang Catur dan Tenis Lapangan

Cimahi, (03/06/24) WK,- Wakil kontingen dari Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Bengkulu, Asrul meraih juara pertama dalam Cabang Olahraga Catur PORSENI Ditjen PDM 2024. Selanjutnya juara kedua diraih oleh M. Hendy Fatahillah dari Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Setditjen PDM),  juara ketiga Achmad Yani dari Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Timur, dan juara keempat dari BPMP Provinsi Kalimantan Tengah, Junaidy.

Adapun pada cabang olahraga Tenis Lapangan Ganda, juara pertama diraih oleh Uceu Veriyanti dan Sherly Nur Putri dari Direktorat PAUD, juara kedua diraih oleh Praptono dan Dimas dari Setdijen PDM, dan Juara ke 3 menjadi juara bersama yaitu oleh tim dari BBPMP Provinsi Jawa Timur, Achmad Yani dan Paidi serta dari BPMP Provinsi Sulawesi Barat Hasbullah dan Sahril.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Ditjen PDM menyelenggarakan PORSENI dengan panitia pelaksana Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Barat, sementara Ketua Panitia adalah Bambang Hadi Waluyo, Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Jambi.

Adapun Tema Porseni Ditjen PDM 2024 ini adalah : BAGIKAN KEBERSAMAAN DAN TUMBUHKAN PERSATUAN UNTUK LANJUTKAN MERDEKA BELAJAR.

PORSENI Ditjen PDM sebagai bagian dari pembentukan karakter sebagaimana Ki Hajar Dewantara yang menyatakan agar seorang manusia harus selalu meningkatkan kualitas melalui olah hati (etika), olah pikir (literasi), olah karsa (Estetika) dan Olahraga (Kinestetik) dengan TUJUAN KEGIATAN:

a. sebagai ajang silaturahmi pegawai di lingkungan Ditjen PDM (Pusat dan Daerah)

b. menumbuhkan persatuan antar pegawai

c. menyalurkan minat, bakat dan cinta olahraga dan seni kepada pegawai

Kegiatan PORSENI ini diikuti oleh 40 kontingen, yang terdiri atas 1 kontingen Setditjen, 5 kontingen Direktorat, 5 BBPMP dan 28 BPMP pada 8 cabang olahraga dan seni yang akan dipertandingkan. (Tim Media)

Update Peraihan Juara PORSENI Ditjen PDM 2024 Cabang Menyanyi Solo dan Tenis Meja

Update Peraihan Juara PORSENI Ditjen PDM 2024 Cabang Menyanyi Solo dan Tenis Meja

Cimahi, (03/06/24) WK,- Wakil kontingen Direktorat SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (PDM) 2024, Rinda Munna Fizya menjadi juara pertama dalam cabang Menyanyi Solo dalam PORSENI Ditjen PDM 2024 yang diselenggarakan di BBPPMV BMTI Kota Cimahi, dari Senin s.d. Jumat, tanggal 3 s.d. 8 Maret 2024, dengan panitia pelaksana Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Barat.

Selanjutnya juara kedua diperoleh Etika Rosita, wakil dari Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sulawesi Tenggara, juara ketiga Billy Febiar dari BPMP Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Juliana dari BPMP Sumatera Utara menduduki juara keempat.

Sementara pada Cabang Olahraga Tenis Meja Putra, juara pertama diperoleh  Muslih dan Sapri dari BBPMP Provinsi Sulawesi Selatan, juara kedua dari BBPMP Provinsi Jawa Barat, Agung Budi Waskito dan Suheri. Selanjutnya juara ketiga diraih oleh Tendas dan Hedro dari BPMP Provinsi Kalimantan Timur, sedangkan juara keempat diraih oleh Iwan dan Robert dari BPMP Provinsi Lampung.

Adapun untuk Cabang Olahraga Tenis Meja Putri, juara pertama diperoleh Susi dan Rosi, dari BBPMP Provinsi Jawa Timur, juara kedua, Nahda dan Nurmi dari BPMP Provinsi Sulawesi Barat. Adapun juara ketiga diraih oleh Nuryati dan Eyoni, tim dari BPMP Provinsi DKI Jakarta, selanjutnya juara keempat diraih oleh Rahmawati dan Ayati dari BPMP Provinsi Sulawesi Tenggara.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Ditjen PDM menyelenggarakan PORSENI dengan panitia pelaksana Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Barat, sementara Ketua Panitia adalah Bambang Hadi Waluyo, Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Jambi.

Adapun Tema Porseni Ditjen PDM 2024 ini adalah : BAGIKAN KEBERSAMAAN DAN TUMBUHKAN PERSATUAN UNTUK LANJUTKAN MERDEKA BELAJAR.

PORSENI Ditjen PDM sebagai bagian dari pembentukan karakter sebagaimana Ki Hajar Dewantara yang menyatakan agar seorang manusia harus selalu meningkatkan kualitas melalui olah hati (etika), olah pikir (literasi), olah karsa (Estetika) dan Olahraga (Kinestetik) dengan TUJUAN KEGIATAN:

a. sebagai ajang silaturahmi pegawai di lingkungan Ditjen PDM (Pusat dan Daerah)

b. menumbuhkan persatuan antar pegawai

c. menyalurkan minat, bakat dan cinta olahraga dan seni kepada pegawai

Kegiatan PORSENI ini diikuti oleh 40 kontingen, yang terdiri atas 1 kontingen Setditjen, 5 kontingen Direktorat, 5 BBPMP dan 28 BPMP pada 8 cabang olahraga dan seni yang akan dipertandingkan. (Tim Media)

Membentuk Habituasi Positif melalui Peraihan ZI WBK

Membentuk Habituasi Positif melalui Peraihan ZI WBK

Rabu, 6 Maret 2024,- WK Membangun zona integritas bukan mengejar predikat dengan label sertifikat Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas Korupsi (WBK) namun lebih dari itu, untuk membangun habituasi positif dan pola pikir dengan menciptakan budaya mutu dan perubahan ke arah yang lebih baik, khususnya dalam penataan akuntablitas kinerja, membangun sistem kepengawasan yang efektif, inovatif dan transformatif, serta kepuasan layanan publik.

Demikian Neni Niawati Ketua ZI Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Barat, dalam sambutannya ketika menerima kunjungan kerja dari Tim ZI WBBM BPMP Sulawesi Barat yang dipimpin ketua ZI, Bayu Ardyanto.

Kunjungan kerja yang dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 2024,  ini dimaksudkan memperoleh hal praktik baik terkait pembangunan ZI yang sudah dilaksanakan BBPMP Jawa Barat.

Kunjungan diterima langsung oleh Ketua ZI WBK/WBBM, Neni Niawati, yang dalam sambutannya Neni mengungkapkan saat ini Ditjen PDM Kemendikbidristek sedang mendorong semua satuan kerja (satker) di lingkup binaannya baik satuan kerja pusat dan daerah untuk membangun ZI WBK/WBBM, sehingga dianjurkan setiap satker yang belum memperoleh predikat ZI melakukan studi tiru kepada satker lain yang sudah berpredikat ZI. BBPMP Provinsi Jawa Barat sudah meraih predikat ZI WBK tahun 2020.

Semoga melalui kunjungan kerja ini dapat memotivasi satuan kerja baik BBPMP Jawa Barat dan BPMP Sulawesi Barat untuk membangun Zona Integritas dengan lebih baik. (Tim Media)

Skip to content