Sosialisasi PPDB Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat

Sosialisasi PPDB Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat

Foto oleh Sofwan
Foto Bersama Kick Off PPDB 2024

Kota Bandung, 150524, WK,- Pada Rabu, 15 Mei 2024 telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK/SLB Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Kegiatan bertempat di Hotel West Point Bandung ini diikuti oleh 60 peserta dari beberapa instansi terkait yaitu dari BBPMP Provinsi Jawa Barat, BAN Paud Dikdas Dikmen Jawa Barat, Ombudsman RI perwakilan Jawa Barat, Dinas Pendidikan Kab/Kota se Jawa Barat, dan Kementerian Agama Kab/Kota se Jawa Barat.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dr. Deden Saepul Hidayat, S.Pd., M.Pd.

“Kick Off PPDB yang sudah dilaksanakan oleh PJ Gubernur Jawa Barat kemarin bukan hanya untuk jenjang SMA/SMK/SLB saja, tetapi untuk semua jenjang Pendidikan yang ada di wilayah Jawa Barat,” tegas Deden, “semangat menyosialisasikan ini harus dilanjutkan di tingkat Kabupaten/kota,” sambungnya. 

Diundangnya pihak Kemenag Kabupaten/Kota dalam kegiatan tersebut bertujuan untuk sinkronisasi Madrasah Tsanawiyah jika ingin masuk ke SMA/SMK. Regulasi awal terkait PPDB tertulis pada PP RI No. 17/ 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan Pasal 82 ayat 3.Keputusan penerimaan calon peserta didik menjadi peserta didik dilakukan secara mandiri oleh rapat dewan guru yang dipimpin oleh Kepala Satuan Pendidikan. Secara teknis detailnya dilengkapi dengan permendikbud no. 1 tahun 2021 dan Kepsesjen no 47 tahun 2023. (Penulis: Sofwan)

Semangat Membangun UPT Transformatif yang BerAKHLAK

Semangat Membangun UPT Transformatif yang BerAKHLAK

Foto oleh Imanbees
Pertemuan TPI dan Tim ZI WBBM”

Kab. Bandung Barat, 150524, WK,- Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Barat  menerima kedatangan Tim Penilai Pembangunan Zona Integritas Wilayah Birokrasi, Bersih, dan Melayani (ZI-WBBM) dari Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang dipimpin oleh Sukatno sebagai ketua tim, dan anggota Vinnie Stephanie, Astrie Nurcahyati, dan Nurbayanti.

Tim penilai yang diterima langsung oleh Kepala BBPMP Provinsi Jawa Barat, Sri Wahyuningsih didampingi Kepala Bagian Umum Mardi Wibowo bersama semua Tim ZI WBBM ini, melakukan penilaian pada Senin s.d. Selasa, 13 s.d. 14 Mei 2024.

“Saat ini BBPMP Provinsi Jawa Barat sedang giat dan semangat membangun UPT Transformatif yang BerAKHLAK,” ujar Sri, “melalui pembangunan Zona Integritas, kami menyadari pelayanan kami ke masyarakat harus lebih baik, inovatif dan memberi inspirasi.”

Tim Penilai Internal (TPI) dari Inspekrorat Jenderal Kemendikbudristek menilai proses Pembangunan Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani berjalan di BBPMP Provinsi Jawa Barat. Enam area perubahan meliputi manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM aparatur, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas layanan publik menjadi sasaran penilaian. Tim penilai melihat bagaimana kontinuitas yang dilakukan BBPMP Provinsi Jawa Barat pasca diperolehnya predikat ZI WBK, mengingat BBPMP Provinsi Jawa Barat adalah satuan kerja baru, yang merupakan penggabungan LPMP Jawa Barat dan PP PAUD Dikmas Provinsi Jawa Barat yang keduanya telah memiliki predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK).

Hasil penilaian TPI ini nantinya menjadi dasar Kemendikbudristek mengusulkan satuan kerja yang layak diusulkan dan dievaluasi oleh Tim Penilai Nasional dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sehingga teruji kelayakan BBPMP Provinsi Jawa Barat memperoleh predikat ZI WBK/WBBM.

(Penulis: Neni Niawati/Editor: Mutia)

#ZI-WBBM

#BBPMPJabarKAHIJI

Skip to content