MERIAH, PERINGATAN HARI ANAK NASIONAL 2024 DI BBPMP JABAR

MERIAH, PERINGATAN HARI ANAK NASIONAL 2024 DI BBPMP JABAR

Peringatan Hari Anak Nasional di BBPMP Jawa barat

(Bandung Barat, 24 Juli 2024). — Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2024, Selasa, 23 Juli 2024, Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan berbagai acara seperti senam pagi dan minum susu bersama, nonton bareng film edukasi, permainan tradisional, origami, menggambar poster, membaca nyaring, sosialisasi antiperundungan, podcast, bazaar makanan sehat bagi anak, dan lomba bekal sehat dan Bergizi (Bento).

Pada acara yang digawangi oleh Timker 3 tersebut, mengundang peserta didik dan guru dari sekolah yang berada di sekitar BBPMP Provinsi Jawa Barat, yaitu; SDN 1 Cimerang, SDN 2  Cimerang, SDN Sindangsari, SDN Tipar Barat, dan SMPN 4 Padalarang. Masing-masing sekolah mengirimkan perwakilan peserta sebanyak 30(tiga puluh) orang.

Dalam sambutannya, Kepala BBPMP Provinsi Jawa Barat, Sri Wahyuningsih menyampaikan bahwa acara ini spesial untuk seluruh anak di provinsi Jawa Barat. Sri mengajak agar orang tua mempersiapkan bekal makanan yang sehat untuk anak-anak. “Makanan yang sehat menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Gerakan Sekolah Sehat (GSS). Mari kita awali untuk mempersiapkan anak-anak Indonesia yang keren melalui penyiapan bekal makanan sehat”, imbuhnya.

Ketua Timker 3 Yanti Triana menyampaikan bahwa acara ini selain untuk memeriahkan HAN 2024, juga sebagai sarana menyosalisasikan pentingnya perlindungan anak sesuai tema peringatan HAN 2024, yaitu “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”. “Perlindungan anak penting, seperti perlindungan kesehatan dan kesejahteraan penting untuk kita wujudkan bersama.”, tukasnya. Yanti menyampaikan bahwa salah satu bentuk perlindungan orang tua terhadap anak adalah dengan menyiapkan bekal makanan yang sehat bagi anak. Hal inilah yang menginspirasi diadakannya lomba bekal makanan sehat  bagi anak (Bento) pada peringatan HAN 2024 di BBPMP Provinsi Jawa Barat. “Lomba ini diikuti oleh delapan orang peserta. Jadi menu-menu yang dilombakan bisa jadi inspirasi bagi orang tua untuk menyiapkan bekal bagi anaknya untuk satu seminggu”, imbuhnya.

Peringatan HAN 2024 di BBPMP Provinsi Jawa Barat berlangsung meriah. Beberapa orang guru yang wawancarai tim media terkait kesan dan pesannya selama mengikuti kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat berkesan, sangat bermanfaat, dan sangat menyenangkan. Ini adalah pengalaman pertama, pengalaman baru, dan pengalaman terbaik bagi peserta didik. Hal ini juga sangat bermanfaat rangka memberikan pengalaman belajar kepada peserta didik di luar kelas. “Anak-anak sangat antusias saat mengikuti beragam acara pada hari ini.”, ucap salah seorang guru. “Kalau ada acara lagi, undang kami lagi ya”, guru yang lain menambahkan.

Beberapa orang peserta didik yang diwawancarai oleh tim media pun menyampaikan rasa senangnya menghadiri peringatan HAN 2024 di BBPMP Provinsi Jawa Barat. Mereka mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Mereka bisa bermain, ikut lomba, ikut nonton film bersama dengan teman-temannya. Bahkan saking senangnya, ada peserta didik yang tidak mau pulang.

Peringatan HAN 2024 di BBPMP Provinsi Jawa merupakan kerja kolaboratif semua unsur atau bagian yang di BBPMP Provinsi Jawa Barat. Mereka dengan penuh semangat menyukseskan acara tersebut. Semoga acara ini menjadi insprasi bagi semua pihak khususnya para orang tua untuk melindungi anak-anaknya sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari menyiapkan generasi Indonesia yang sehat, cerdas, dan berkarakter Pancasila. “Anak terlindungi, Indonesia maju!”.

Penulis: Idris Apandi

#harianaknasional
#BBPMPJabarKAHIJI
#BBPMPJabsrBerAKSI
#BBPMPJabarBerAKHLAK

Skip to content