Kota Cimahi – Hari ini, Sabtu 12 Agustus 2023 di lapangan sepakbola Pusdikpom Cimahi telah digelar pertandingan final Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat Provinsi Jawa Barat antara Kab. Purwakarta melawan Kota Bogor, dengan kemenangan diperoleh tim Kab. Purwakarta. Sebelumnya telah bertanding  Kota Bandung melawan Kota Cimahi, untuk memperebutkan posisi juara tiga dan ke empat, dan dimenangkan oleh tim dari Kota Bandung.
Empat pilar kebijakan pembangunan pendidikan nasional, yang meliputi olah hati atau kalbu, olah rasa, olah pikir, dan olahraga menjadi Fokus pembinaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan teknologi. Olahraga merupakan kegiatan fisik yang dapat membangkitkan semangat, menumbuhkan sportivitas, persahabatan, dan persaudaraan. Olahraga juga dapat memiliki arti yang strategis bagi nation and character building atau pembangunan watak bangsa. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan Gala Siswa Indonesia (GSI) bagi peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun 2023. Kegiatan ini merupakan implementasi Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional.
BBPMP Provinsi Jawa Barat sebagai UPT Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mempunyai tanggaungjawab yang besar untuk bersama-sama berkontribusi melakukan pembinaan dan pengembangan olahraga di tingkat sekolah sampai tingkat nasional sehingga dapat mewadahi talenta peserta didik khususnya dalam bidang pembinaan olahraga.
Kegiatan Gala Siswa Indonesia (GSI) tahun 2023 di tingkat Jawa Barat ini, dilaksanakan melalui Kerjasama antara Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) dan Dinas Pendidikan Kab/Kota. Diharapkan melalui ajang talenta ini dapat membekali peserta didik sebagai generasi emas Indonesia tahun 2045 yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila guna menghadapi dinamika perubahan di masa depan.

(nrb)

Skip to content