Kab. Ciamis – Dalam rangka mengimplementasikan Permendikbud No. 33 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana, BBPMP Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Kegiatan In Service 1 Satuan Pendidikan Aman Bencana, pada tanggal 30 Agustus 2023 sampai dengan 1 September 2023 di Kab. Ciamis dan Kab. Pangandaran. Kegiatan ini diikuti oleh  20 Satuan Pendidikan jenjang SD yang berada pada lokasi rawan bencana.

Program Satuan Pendidikan Aman Bencana yang selanjutnya disebut Program SPAB adalah upaya pencegahan dan penanggulangan dampak Bencana di Satuan Pendidikan. Program ini bertujuan untuk meningkatan kesiapsiagaan dan mitigasi bencana di satuan pendidikan dengan harapan dapat memberikan pelindungan dan keselamatan kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari risiko bencana. Selain itu untuk menjamin keberlangsungan layanan pendidikan pada satuan pendidikan yang terdampak bencana, perlu dilakukan penangangan pada situasi darurat dan pascabencana.

Dari kegiatan ini peserta menyusun draft tim siaga bencana satuan pendidikan dan rencana aksi SPAB di masing-masing satuan pendidikan yang mengikuti kegiatan. Dokumen ini akan menjadi tagihan pada saat kegiatan berikutnya yaitu ON Satuan Pendidikan Aman Bencana yang rencananya akan dilaksanakan pada minggu ke 2 bulan September 2023.

Mudah-mudahan program SPAB ini tidak hanya diikuti oleh Kab. Ciamis dan Kab. Pangandaran saja, namun secara luas dapat diselenggarakan di 25 Kab/Kota lainnya di Provinsi Jawa Barat. Sehingga kesiapsiagaan dan mitigasi bencana di satuan pendidikan dapat ditingkatkan agar peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan terhindar dari resiko bencana.

Skip to content