Bandung Barat, 20052024, WK, – Ajakan Gubernur Jabar untuk menyelenggarakan PPDB 2024 yang lebih berintegritas, rupanya telah mendorong banyak sekolah untuk berbenah. Salah satu diantara sekolah tersebut adalah SMAN 1 Padalarang, yang kini sedang gencar memperbarui sistem penerimaan peserta didik baru.

Ditemui di ruang kerjanya pada 20 Mei 2024, Kepala SMAN 1 Padalarang, Lina, S.Pd., MT. mengemukakan beberapa langkah dan strategi telah dilakukan oleh SMAN 1 Padalarang untuk memastikan PPDB 2024 berjalan lancar dan bermutu tinggi, termasuk penyusunan Pedoman PPDB: Sekolah telah menyusun pedoman yang jelas dan transparan mengenai proses PPDB, termasuk persyaratan pendaftaran, bobot penilaian, dan tahapan proses seleksi.

SMAN 1 Padalarang telah melakukan sosialisasi kepada calon siswa dan orang tua tentang pedoman PPDB, baik melalui forum silaturahmi orang tua, komite sekolah, media sosial, atau situs web sekolah.

Apa saja yang sudah dilakukan dalam persiapan PPDB tahun ini, kepala sekolah Lina, S.Pd., MT. menegaskan “seluruh panitia sudah mendapatkan Pelatihan dan Bintek kepanitiaan Seleksi: tentang integritas, keadilan, dan etika dalam melakukan evaluasi terhadap calon siswa. Hal ini penting untuk memastikan proses seleksi dilakukan dengan adil dan objektif,” ungkapnya.

Pemeriksaan Dokumen Pendaftaran, panitia seleksi memastikan keabsahan dan kebenaran informasi yang disampaikan oleh calon siswa. Dan Pemanfaatan sistem informasi untuk memfasilitasi proses pendaftaran secara online dan memantau perkembangan calon siswa selama proses PPDB.

Untuk Pengawasan dan Pengawalan: Pihak sekolah telah melakukan pengawasan dan pengawalan ketat selama proses PPDB untuk mencegah adanya praktek-praktek tidak etis atau kecurangan.

“Pihak sekolah telah berkonsultasi dengan pihak pihak terkait seperti Dinas Pendidikan setempat atau lembaga terkait lainnya untuk memastikan bahwa proses PPDB berada dalam koridor regulasi yang berlaku,” terangnya.

“Kami Memberikan komunikasi yang jelas dan terbuka kepada semua pihak, termasuk calon siswa, orang tua, dan masyarakat umum, mengenai tahapan, jadwal, dan perkembangan terkait PPDB,” pungkasnya.

Dengan melakukan strategi strategi ini, diharapkan SMAN 1 Padalarang lebih dapat menjalankan PPDB 2024 dengan lancar, adil, dan berintegritas. Seperti tahun-tahun sebelumnya.

Adapun PPDB di SMAN 1 Padalarang tahun 2024 di terbagi dalam dua tahap, dimulai pada 3 Juni dan berakhir 9 Juli 2024. 

Penulis: Enang K

Skip to content