Dalam memenuhi berbagai kebutuhan dan memberikan informasi terkait kebijakan, regulasi, dan program-program yang dijalankan, Ditjen PAUD, Dikdas dan Dikmen, telah menyediakan layanan helpdesk berupa platform aluran komuniasi yang dapat dipergunakan oleh masyarakat untuk mendapatkan informasi mengenai program prioritas diantaranya Program Sekolah Penggerak, Implementasi Kurikulum Merdeka dan Perencanaan Berbasis Data.
Terdapat enam strategi dalam mendukung pelaksanaan kebijakan program dimaksud. Salah satu dari enam strategi tersebut adalah memanfaatkan Pusat Layanan Bantuan atau helpdesk. Kemendikbudristek telah menyediakan pusat layanan bantuan (helpdesk) yang dapat dihubungi melalui WhatsApp di nomor +6281281435091.
Dalam rangka mengoptimalkan dan mengevaluasi Layanan Helpdesk pada Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Project Management Office (PMO) PDM-07 Publikasi dan Komunikasi menyelenggarakan kegiatan Survei Kepuasan Layanan Helpdesk Program Prioritas Kementerian Pendidikan dengan mengundang 8 (delapan) orang dari perwakilan Dinas Pendidikan, guru/ pendidik dan kepala Satuan Pendidikan yang pernah mendapatkan layanan Helpdesk. Responden dihadirkan secara langsung untuk penggalian informasi. Dimana strategi penentuan sasaran sekolahnya adalah purposive sampling, dengan menggunakan pengukuran menggunakan skala likert (dengan 4 kategori). Dasar rancangan survei adalah Cross sectional survey yakni survei dilakukan pada satu waktu.
Secara parallel kegiatan survey juga melibatkan PDM 07 BBPMP Jawa Barat dan perwakilan admin Helpdesk untuk melakukan refleksi lebih mendalam terkait pengelolaan dan pemanfaatan pusat bantuan.
Berdasarkan survey yang dilaksanakan, terlihat bahwa layanan Helpdesk ini sangat efektif dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh responden, dengan kemudahan dan kecepatan petugas dalam merespon pertanyaan membuat responden puas dalam menggunakan layanan Helpdesk ini.
Tim Media